fsA6ryRw4VJGo0KOM3RYkC0R1drzd9KnJAXoz4K8

Perbedaan WordPress.org vs WordPress.com Bagusan mana?

Tahukah Anda bahwa WordPress,com dan WordPress.org sebenarnya adalah dua platform yang sangat berbeda? Seringkali kita membingungkan keduanya yang menjadikan kita memilih platform yang salah. WordPress,com vs WordPress.org mana yang lebih baik? . Untuk membantu menjawabnya, kami telah membuat perbandingan dari WordPress,com gratis vs WordPress.org (versi yang dihosting sendiri).


Tujuannya adalah perbedaan utama antara WordPress,com vs WordPress.org, sehingga Anda dapat memilih platform yang tepat untuk kebutuhan Anda.


Karena memilih platform yang tepat sangat penting untuk kesuksesan online Anda, kami telah membuat perbandingan yang paling lengkap dari WordPress,com vs WordPress.org (perbandingan teks, perbandingan berdasarkan tabel, dan infografis penuh).

Jika Anda hanya ingin memulai blog atau membuat situs web, maka Anda dapat melewati artikel ini dan menuju ke panduan di sini: Cara Membuat Situs Web dengan WordPress (lengkap)

Karena itu, mari kita lihat perbedaan antara WordPress.org self-host vs WordPress,com .
WordPress,com vs WordPress.org (grafik)


Cara terbaik untuk memahami perbedaan antara WordPress,com vs WordPress.org adalah dengan melihat setiap platform secara individual.

WordPress.org

WordPress.org adalah platform situs web populer yang telah Anda dengar sebelumnya.

Ini adalah open source dan 100% gratis bagi siapa saja untuk digunakan. Yang Anda butuhkan hanyalah nama domain dan web hosting. Inilah sebabnya mengapa ini juga disebut sebagai WordPress yang dihosting sendiri.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan penggunaan WordPress.org yang dihosting sendiri untuk membangun situs web atau blog Anda.

Kelebihan WordPress.org


Dengan WordPress.org, Anda memiliki kendali penuh atas situs web Anda. Anda bebas melakukan apa pun yang Anda inginkan dan menyesuaikannya sebanyak yang Anda butuhkan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan manfaat memilih WordPress.org untuk membangun situs web Anda, dan alasan mengapa itu adalah pilihan yang tepat.
  • gratis dan sangat mudah digunakan. (Lihat mengapa WordPress gratis? )
  • Anda memiliki situs web Anda dan semua datanya. Situs Anda TIDAK akan dimatikan kecuali seseorang  melanggar ketentuan layanan mereka (selama Anda tidak melakukan sesuatu yang ilegal). Anda memegang kendali penuh.
  • Anda dapat menambahkan plugin / aplikasi WordPress gratis, berbayar, dan khusus ke situs web Anda.
  • Anda dapat menggunakan menyesuaikan desain situs web Anda sesuai kebutuhan. Anda dapat menambahkan tema WordPress gratis atau berbayar apa pun yang Anda inginkan. Anda juga dapat membuat desain khusus sepenuhnya atau memodifikasi apa pun yang Anda inginkan.
  • Anda dapat menghasilkan uang dari situs WordPress Anda dengan memasang  iklan Anda sendiri tanpa berbagi pendapatan dengan siapa pun.
  • Anda dapat menggunakan alat canggih seperti Google Analytics untuk analisis dan pelacakan khusus.
  • Anda dapat menggunakan WordPress yang dihosting sendiri untuk membuat toko online untuk menjual produk digital atau fisik, menerima pembayaran kartu kredit, dan mengirim / mengirim barang langsung dari situs web Anda.
  • Anda juga dapat membuat situs keanggotaan dan menjual keanggotaan untuk konten premium, kursus, dll dan membangun komunitas online di situs web Anda.

Kekurangan WordPress.org

Ada sedikit kontra penggunaan situs WordPress.org yang dihosting sendiri ini.

  • Seperti semua situs web, Anda memerlukan web hosting.Di sinilah file situs web Anda disimpan di internet.Awalnya, biayanya sekitar $ 3- $ 10 per bulan. Namun seiring pertumbuhan situs web Anda dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas, biaya hosting web akan meningkat seperti yang diharapkan, tetapi kemudian Anda akan menghasilkan cukup uang untuk menutupi biaya.
  • Anda bertanggung jawab untuk pembaruan. Anda dapat dengan mudah memperbarui situs WordPress Anda hanya dengan mengklik tombol pembaruan (1-klik), jadi itu tidak terlalu banyak pekerjaan.
  • Anda bertanggung jawab atas Backup. Untungnya, ada banyak plugin cadangan WordPress yang memungkinkan Anda mengatur pencadangan otomatis.

Biaya situs WordPress.org bervariasi berdasarkan apa yang Anda coba buat (blog sederhana, situs web portofolio, toko eCommerce, situs keanggotaan, dll).Ada juga faktor lain seperti template gratis vs template premium, plugin gratis vs plugin premium, dll.

Dengan anggaran rendah, Anda dapat membangun situs web Anda seharga $ 46 per tahun, Untuk 99% pengguna, saya rekomendasi selalu menggunakan WordPress.org. 

WordPress.com

WordPress.com adalah layanan hosting yang dibuat oleh salah satu pendiri WordPress, Matt Mullenweg.Karena pendiri yang sama, sering kali pengguna membingungkan WordPress,com dengan  WordPress.org yang populer.

Layanan hosting WordPress,com memiliki 5 paket:
Gratis - Sangat terbatas.
Pribadi - $ 36 per tahun
Premium - $ 99 per tahun
Bisnis - $ 299 per tahun
VIP - mulai dari $ 5000 per bulan

Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan dari WordPress,com.

Kelebihan WordPress.com

Platform WordPress.com gratis adalah pilihan yang baik untuk blogger hobi dan  yang memulai blog untuk pemula. Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan WordPress,com:

  • Gratis untuk ruang hingga 3GB. Setelah itu Anda harus beralih ke rencana berbayar untuk lebih banyak ruang.(Paket pribadi $ 36 / tahun memberi Anda 6GB, paket Premium $ 99 / tahun memberi Anda penyimpanan 13GB, atau rencana Bisnis seharga $ 299 / tahun untuk penyimpanan tanpa batas).
  • Anda tidak perlu khawatir tentang pembaruan atau pencadangan. WordPress,com sendiri yang akan membereskannya.

Kekurangan WordPress.com

Ada beberapa batasan WordPress.com gratis yang membedakannya dari WordPress.org. Berikut adalah beberapa kerugian menggunakan WordPress,com:

  • Mereka menempatkan iklan di semua situs web gratis.Jadi, pengguna Anda akan melihat iklan, dan Anda tidak menghasilkan uang . Jika Anda tidak ingin pengguna melihat iklan mereka, Anda dapat meningkatkan ke paket berbayar (mulai dari $ 36 per tahun).
  • Anda TIDAK diperbolehkan memasang iklan di situs web Anda. Jika Anda menjalankan situs lalu lintas tinggi, maka Anda dapat mengajukan permohonan untuk program iklan mereka yang disebut WordAds di mana Anda berbagi pendapatan dengan mereka. Hanya Pengguna Paket Premium dan Bisnis dapat menggunakan WordAds.
  • Anda tidak dapat mengunggah plugin. Pengguna paket gratis mendapatkan fitur JetPack built-in yang sudah diaktifkan sebelumnya. Pengguna rencana bisnis dapat menginstal dari pilihan plugin yang kompatibel ($ 299 / tahun). Program VIP WordPress,com memungkinkan Anda menginstal plugin, dan mulai dari $ 5000 per bulan.
  • Anda tidak dapat mengunggah tema khusus. Pengguna paket gratis hanya dapat menginstal dari koleksi tema gratis terbatas. Hanya Pengguna premium dan rencana bisnis yang dapat memilih tema premium. Ada pilihan kustomisasi terbatas untuk versi gratis. Pengguna Paket Premium dan Bisnis dapat menggunakan CSS khusus.
  • Anda dibatasi untuk statistik mereka. Anda tidak dapat menambahkan Google Analytics atau memasang platform pelacakan  lainnya. Pengguna rencana bisnis dapat menginstal Google Analytics.
  • Mereka dapat menghapus situs Anda kapan saja jika mereka pikir itu melanggar Persyaratan Layanan mereka.
  • Situs Anda akan menampilkan tautan yang didukung oleh WordPress,com. Ini dapat dihapus dengan meningkatkan ke rencana Bisnis.
  • WordPress,com tidak menawarkan fitur eCommerce apa pun atau gateway pembayaran terintegrasi.
  • Anda tidak dapat membangun situs web keanggotaan dengan WordPress,com.
Seperti yang Anda lihat, platform hosting WordPress,com sangat terbatas ketika Anda menggunakan paket gratis, pribadi, atau bahkan premium. Untuk membuka kunci beberapa fitur yang lebih canggih, Anda harus menggunakan rencana Bisnis ($ 299 per tahun) atau pada paket VIP ($ 5000 per bulan).

(FAQ)

Pertnyaan yang paling sering ditanyakan di bawah ini:

WordPress,com vs WordPress.org - Mana Yang Lebih Baik?

Jika Anda seorang blogger pribadi, dan Anda tidak peduli tentang menghasilkan uang dari situs web Anda, maka gunakanlah dengan WordPress,com gratis.

Jika Anda seorang bisnis atau seorang blogger yang ingin menghasilkan uang dari situs Anda, maka kami sarankan menggunakan WordPress.org yang dihosting sendiri. Ini memberi Anda kebebasan dan fleksibilitas untuk mengembangkan situs web Anda seperti yang Anda inginkan.

Meskipun Anda bisa mendapatkan beberapa fitur canggih dengan rencana Bisnis WordPress,com ($ 299 / tahun untuk setiap situs web), 

Menurut saya, WordPress.org adalah platform yang lebih baik. Itu adalah platform yang digunakan oleh setiap blogger profesional, pemilik bisnis kecil, dan bahkan Merek terkenal seperti Disney.

Bagaimana saya memulai Situs WordPress.org?

Untuk memulai situs WordPress yang dihosting sendiri, Anda memerlukan nama domain dan hosting WordPress.

Nama domain adalah alamat situs web Anda di internet seperti google.com, xudhaxsite.net, dll. Web hosting adalah tempat file situs web Anda disimpan di internet.

Kami merekomendasikan menggunakan Niagahoster untuk hosting situs web Anda .

Untuk petunjuk langkah demi langkah, Anda dapat memeriksa panduan gratis kami tentang cara membuat situs web .


Bisakah saya pindah dari WordPress.com ke WordPress.org?

Seringkali pengguna baru yang tidak tahu perbedaan antara WordPress,com vs WordPress.org akhirnya memulai dengan layanan WordPress,com gratis. Begitu mereka melihat keterbatasan platform, mereka ingin beralih ke WordPress.org.

Ya, Anda dapat beralih dari WordPress,com ke WordPress.org dan cukup mudah memindahkan semua konten Anda.

Kami telah membuat panduan langkah demi langkah tentang cara memindahkan blog Anda dari WordPress.com ke WordPress.org.

WordPress.com vs WordPress.org (Rangkuman)

Cara terbaik untuk berpikir tentang perbedaan antara WordPress,com vs WordPress.org adalah analogi menyewa rumah vs memiliki rumah.

WordPress,com mirip dengan menyewa rumah. Anda memiliki kekuatan dan kendali yang terbatas atas apa yang Anda bisa dan tidak bisa lakukan.

WordPress.org ibarat memiliki rumah. Di mana Anda memiliki kontrol penuh, tidak ada yang dapat mengusir Anda keluar, dan Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan.

Di bawah ini adalah ringkasan dari segala sesuatu yang kita diskusikan di atas dalam WordPress.org yang kami sajikan sendiri vs perbandingan WordPress,com:




Semoga artikel ini bermanfaat dalam memahami perbedaan antara WordPress.org dan WordPress,com. Saya berharap Anda semua yang terbaik dengan situs web Anda dan berharap Anda memilih platform yang tepat: WordPress.org.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar